Ahhhhhhhhhh,, akhirnya setelah 2 minggu libur dari aktivitas perkuliahan hari ini masuk untuk pertama kalinya.  Pagi tadi sekitar jam 8 wita, kuliah sejarah Afrika PAT yang di asuh oleh Dra Hj Sriwidayati dosen senior di PSP Sejarah FKIP Unlam. Akhirnya membuka kebuntuan otak yang pada libur kemaren di penuhi dengan aktivitas diluar Akademisi dengan materi perkuliahannya hari ini. Sungguh hari yang terasa beda dengan hari-hari sebelumnya.

            Pada perkuliahan pertama tadi Beliau menyampikan pengantar tentang Latar belakang, tujuan, dan fungsi serta peranan mempelajari sejarah Afrika bagi perkembangan bangsa Indonesia. Sejarah Afrika baru menjadi mata kuliah wajib pada setiap Jurusan Sejarah pada masa pemerintahan Presiden SBY. Sebelumnya MK Sejarah Afrika hanya menjadi MK pilihan di setiap jurusan Sejarah. Menurut beliau, kami sebagai mahasiswa wajib tau bagaimana perkembangan Afrika dari masa lalu hingga masa sekarang, hal ini demi berlangsungnya tujuan pendidikan nasional yang telah di rancang pemerintah yang berdasarkan ada nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

            Di sela kuliah yang diberikan tadi beliau mencoba mengingatkan kembali tentang tujuan pendidikan Nasional. Sejarah Afrika sendiri diberika di PSP sejarah sebagai MK wajib sebagai syarat untuk lulus dari PSP Sejarah nantinya. Sebenarnya MK ini diberikan pada semester 3 lalu, tapi karena satu hal saya baru mengambilnya pada PAT ini. Di akhir kuliah tadi beliau memberikan tugas kepada para Mahasiswa yang mengambil MK tersebut. Kebetulan saya mendapat tugas tentang Tujuan mempelajari sejarah Afrika.